Resep Bubur Manado By Shyswy Andaki-Kalit

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Bubur Manado By Shyswy Andaki-Kalit
  • Resep Bubur Manado oleh Shyswy Andaki-Kalit

    Inilah resep cara membuat Bubur Manado. Resep Bubur Manado yang dibuat oleh Shyswy Andaki-Kalit dapat disajikan .



    bahan dan cara membuat Bubur Manado


    Resep Bubur Manado


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 1 cup beras cuci bersih (bisa diganti dengan nasi yang sisa)
    2. 1 buah jagung
    3. 1 buah ukuran besar ubi jalar/singkong
    4. 500 gr labu kuning
    5. 1 batang sereh (boleh diskip kalau tidak suka)
    6. 2 ruas jari telunjuk daun kunyit (bisa diskip)
    7. 2 ruas jari telunjuk daun pandan (bisa diskip)
    8. air untuk merebus
    9. 1 sdt garam
    10. 1 sdt penyedap jika suka
    11. sayuran :
    12. 1 ikat kangkung dibersihkan dan dipotong
    13. 1 ikat bayam dibersihkan dan dipotong
    14. 1 ikat kemangi dipetik daunnya (bisa diskip)
    15. 1 ikat daun gedi diambil daunnya (bisa diskip)
    16. bisa ditambahkan sayuran yang lain
    17. pelengkap :
    18. ikan asin / ikan teri goreng
    19. sambal terasi / sambal roa

    Langkah

    1. Cuci bersih beras. Saya memakai nasi sisa kemarin. Pipil jagung dan campurkan pada beras.

    2. Kupas dan cuci bersih ubi dan labu kuning. Bisa juga diganti atau ditambahkan kentang dan wortel kalau mau. Potong sesuai selera bisa dipotong kecil kalau ingin ubi dan labu jadi menyatu dengan nasi, atau dipotong agak sedang agar tidak hancur saat direbus, cukup jadi lunak saja.

    3. Masukkan ke dalam panci semua bahan : beras (nasi), jagung, ubi, labu kuning, sereh, dan garam. Rebus dengan ketinggian air melewati sedikit dari tingginya bahan. Sesekali diaduk agar tidak gosong. Jika kurang airnya bisa ditambah lagi. Masak hingga beras sudah jadi nasi atau agak lebih lembek dari nasi juga boleh, dan ubi juga sudah lunak.

    4. Kalau masak dengan memakai nasi sisa, akan lebih cepat matangnya. Tujuan pemakaian garam bukan untuk mengasinkan bubur tapi hanya mengimbangi manisnya labu dan ubi karenanya tidak perlu banyak garam karena asinnya nanti akan didapat dari ikan asin.

    5. Jika langsung hendak menghabiskannya maka ketika bubur sudah jadi, lalu masukkan semua sayuran ke panci dan aduk rata hingga sayuran matang. Jika kurang air, bisa ditambahkan air sedikit-sedikit?.

    6. Jika hanya hendak memakan separuh saja, maka sayuran jangan langsung dicampur. Jadi ambil panci yang lebih kecil, tuang bubur sesuai jumlah yang mau dimakan, tambahkan sayuran, banyaknya sesuai selera. Lalu masak sebentar dengan api kecil. Jika terlalu kental bisa ditambahkan air. Jika sayur sudah lunak maka bubur siap disajikan.

    7. Bubur yang sisa, yang belum bercampur sayur, bisa dimasukkan ke kulkas dan bisa dipanaskan ketika mau makan dengan hanya menambahkan air secukupnya saja.




    Itulah Resep Bubur Manado, Semoga berguna untuk pembaca sekalian.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat lebih dari satu juta resep masakan yang pastinya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Bubur Manado diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Bubur Manado By Shyswy Andaki-Kalit diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Bubur Manado By Shyswy Andaki-Kalit dengan alamat Url: https://snowflakesmoon.blogspot.com/2015/04/resep-bubur-manado-by-shyswy-andaki.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.