Resep Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak Karya Devs_R

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak Karya Devs_R
  • Resep Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak oleh Devs_R

    Inilah resep memasak Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak. Resep Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak yang dibuat oleh Devs_R cukup untuk 10 porsi.



    gambar untuk resep makanan Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak


    Resep Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak


    Porsi: 10 porsi

    Bahan-bahan

    1. ? ayam panggang :
    2. 1 ekor ayam kampung ukuran besar
    3. ? bumbu halus :
    4. 1 sdm ketumbar,
    5. 1 ruas lengkuas,
    6. 1 ruas jahe,
    7. secukupnya garam,
    8. secukupnya gula merah
    9. secukupnya kecap manis
    10. ? bistik ikan :
    11. 1 ekor ikan tuna ukuran besar
    12. 3 siung bawang putih
    13. 3 butir bawang merah
    14. secukupnya garam dan lada
    15. 200 gr tepung
    16. secukupnya air
    17. ? bahan saus :
    18. secawan kaldu jagung (optional)/diganti kaldu ayam atau sapi
    19. 2 sdm pasta cabai rawit
    20. 1 sdm kecap manis
    21. 2 siung bawang putih
    22. 3 butir bawang merah
    23. 1 buah kentang rebus/kukus ukuran kecil
    24. secukupnya garam
    25. 1/2 butir gula merah
    26. 2 lembar daun jeruk
    27. ? bahan tambahan :
    28. sesuai selera jagung manis, kacang panjang, wortel / porsi

    Langkah

    1. Ayam panggang : Cuci bersih ayam utuh lalu lebarkan dan tusuk dengan bambu (model ayam panggang kampung yg caranya kedua sisi direntangkan, ceker dan kepala dijepitkan sedemikian rupa *ini aku bingung jelasinnya, pokoknya gitu lah. Paham kan* hehe). Selanjutnya ayam di bubuhi garam lalu ratakan kemudian panggang diatas api dengan jarak 10 cm jangan sampai kena api yaa nanti hangus dan balik sesekali.

    2. Sementara itu bisa didihkan air yg agak banyak sampai kira2 ayam bisa terendam, setelah mendidih masukkan bumbu halus dan kecap, lalu ayam yg telah dipanggang sekitar 10 menit dimasukkan ke bumbu dan rebus/ungkep sampai ayam empuk dan airnya tinggal 1/3 bagian. Kemudian panggang kembali sambil diolesi sisa rebusan bumbu tadi kurleb 5 menit sambil balik sesekali dan tetap beri jarak dengan api langsung yaa. Sisihkan

    3. Bistik tuna : bersihkan ikan tuna, cuci sampai bersih, ambil dagingnya lalu cacah halus/menggunakan food processor. Haluskan semua bumbu lalu campurkan ke daging, aduk rata dan tambahkan sedikit air (aku 1/4 gelas) lalu tambahkan tepung sedikit demi sedikit sampai adonan setengah lembek (mirip bubur yg agak padat sedikit) jangam lupa koreksi rasa, lalu bungkus daun pisang memanjang (mirip lontong) dan kukus sampai matang, dinginkan. Potong dgn tebal 1 cm lalu goreng, sisihkan.

    4. Saus : cincang halus bawang putih dan bawang merah, tumis sampai harum, masukkan kaldu jangung, gula merah, daun jeruk dan pasta cabai, didihkan hingga mengental dan sedikit berkurang airnya, masukkan kentang yg telah dihaluskan, aduk rata dan jangan ada gumpalan kemudian tambahkan garam. Koreksi rasa, matikan api dan angkat.

    5. Potong 2 buah kacang panjang dan 1 buah wortel memanjang, sisir 1/2 buah jagung manis (ukurannya besar) dan cuci bersih. Sementara memotong didihkan 1/2 panci air. Lalu masukkan wortel kira2 1 menit, susul dengan memasukkan kacang panjang bubuhi sedikit garam (agar warnanya tetap cantik) masak 2 menit dan angkat serta tiriskan. Rebus jagung manis sampai matang, tiriskan.

    6. Saatnya plating yaa, aku pilih piring yg ada sekatnya biar gak campur aduk (ini sih suka-suka aja yg mau makan). Potong ayam panggang (aku pilih paha), lalu tata dalam piring berdampingan dengan bistik yg sudah digoreng tadi, tuangkan saus yg sudah dimasak, tata sayuran pada bagian paling lebar (aku banyakin jagung karena gak pake nasi, hehe). Olalala done, this yummy, healthy and tasty siap memanjakan lidah pemirsa ;) Kalo buat anak bisa lebih dikreasikan ya moms :D

    7. Note : bistiknya kan jadi banyak tuh bisa disimpen di freezer buat stok, tinggal goreng kalo pas males ribet apa anak rewel.

    8. Happy cooking dan selamat mencoba. See you!




    Itulah Resep Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak, Semoga dapat bermanfaat bagi anda.Untuk mendapatkan berbagai resep lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. Kami memiliki lebih dari satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu anda menemukan resep yang paling dibutuhkan.


    Untuk mencetak Resep Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak Karya Devs_R diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Ayam Panggang feat Bistik Ikan Tuna ala Steak Karya Devs_R dengan alamat Url: https://snowflakesmoon.blogspot.com/2015/09/resep-ayam-panggang-feat-bistik-ikan.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.