Resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging
  • Resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging oleh Mama Hula

    Berikut ini resep cara membuat Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging. Resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging yang dishare oleh Mama Hula bisajadi .



    resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging


    Resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging


    Porsi:

    Bahan-bahan

    1. 1 kg kentang (me isi 6)
    2. 1 kg ati sapi
    3. 4 papan pete (kalau ada)
    4. 24 siung bawang merah
    5. 20 siung bawang putih
    6. 200 gram cabe merah keriting
    7. 9 butir kemiri
    8. 5 sendok sayur minyak goreng
    9. 6 batang serai, cuci, memarkan
    10. 3 ruas laos, cuci, kupas, memarkan
    11. 6 lembar daun jeruk, cuci, sisihkan
    12. 6 lembar daun salam, cuci, sisihkan
    13. 2 bungkus santan @ukuran 65ml (me 2 bungkus Kara kecil)
    14. Secukupnya:
    15. Air matang
    16. Air asam jawa
    17. Garam
    18. Gula jawa
    19. Kaldu jamur

    Cara Membuat

    1. Cuci bersih kentang, kupas dan potong-potong bentuk kubus sekira 2x2 cm, goreng hingga empuk.
    2. Cuci bersih ati sapi kemudian rebus sampai empuk. Tiriskan, potong-potong bentuk kubus sekira 2x2 cm, goreng sebentar, tiriskan.
    3. Cuci bersih dan kupas bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, dan kemiri.
    4. Haluskan: bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, dan kemiri (me diblender dengan 5 sendok sayur minyak goreng).
    5. Tumis bumbu halus hingga matang tanpa menambahkan minyak (ciri-cirinya tumisan matang: tumisan sudah harum, berubah warna sedikit lebih gelap dan menjadi lebih kalis). Kemudian masukkan serai, laos, daun jeruk daun salam, dan pete bila suka. Aduk-aduk hingga layu.
    6. Tambahkan air asam jawa, garam, gula jawa, kaldu jamur, koreksi rasa. Kemudian masukkan kentang dan ati.
    7. Buka kemasan santan dan kocok dengan sedikit air matang kemudian tuang ke sambel goreng. Aduk rata dan biarkan sampai air menyusut, kecilkan api dan tetap masak sampai bumbu meresap.
    8. Apabila sudah matang, matikan api dan sajikan.
    9. ??Tips:
    10. Jangan iris kentang dan ati sapi terlalu kecil karena setelah digoreng ukurannya akan menyusut. *Jangan goreng kentang dan ati terlalu lama sampai kering karena akan mengeras saat dimakan.
    11. Mau lebih gurih? Masukkan tidak 2 tapi 3 bungkus santan dengan sedikit saja air matang. Hasilnya akan gurih tapi lebih basah. *Kalau masak pakai kelapa segar rasanya akan lebih enak. *Bumbu di resep ini tidak perlu di tambahkan bumbu kemasan lagi. Rasanya sudah pas, buat kami hehehe...??



    Itulah tadi Resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging, Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.Untuk mendapatkan resep lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. anda bisa menemukan sekitar satu juta resep makan dan minuman yang pastinya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Sambel Goreng Kentang dengan Ati Sapi / Bola-bola Daging dengan alamat Url: https://snowflakesmoon.blogspot.com/2016/04/resep-sambel-goreng-kentang-dengan-ati.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.