Resep Bolu Pandan Lembut

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Bolu Pandan Lembut
  • Resep Bolu Pandan Lembut oleh Sherly Wong

    Dibawah ini adalah resep masakan Bolu Pandan Lembut. Resep Bolu Pandan Lembut yang ditulis Sherly Wong bisa disajikan Loyang tulband ukuran 18 cm.



    gambar untuk resep Bolu Pandan Lembut


    Resep Bolu Pandan Lembut


    Porsi: Loyang tulband ukuran 18 cm

    Bahan-bahan

    1. 4 butir telur besar
    2. 110 gr gula pasir
    3. 1 sdt sp
    4. 100 gr terigu (me: 70 gr terigu, + 10 gr susu bubuk)
    5. 20 gr maizena
    6. 70 ml santan kental campur pandan asli (cuma lemaknya doang)
    7. 30 ml minyak sayur
    8. 1 sdt pasta pandan,(boleh skip kalau mau alami)
    9. 1/2 sdt vanili bubuk (tambahan sendiri)

    Cara Membuat

    1. Untuk mendapatkan air pandan asli lumayan repot. Numbuk pandan, wah gilingan bekas cabe. Pakai blender airnya dikit. Abis tu saring, airnya dipake buat blender lagi. Gitu terus deh. Jadi dari 80-100 lembar pandan cuma dpt air pandan segelas. Airnya kucampur kelapa parut 2 biji. Peras pakai kantong kain jahitan sendiri. Terus hasilnya dipanasin ditambah garam sedikit. Packing ukuran 100 ml, (ada yg tumpah lagi, sayangnya udah cape2) masu freezer kalau belum mau dipakai. Perjuangan benar kali ini.
    2. Oles loyang dg margarine dan ditaburi terigu. (me: buat olesan loyang dari campuran margarine, tepung dan minyak 1 sdt)
    3. Kocok telur gula dan emulsifier sampai putih, kental dan berjejak.
    4. Panaskan oven suhu 180 derajat celcius
    5. Masukkan terigu dan maizena sedikit2 dg cara diayak keadonan telur sambil diaduk balik pakai spatula. Bisa pakai mixer speed rendah tapi adonan akan agak turun. Kadang ada resep metode kocok all in one yg telur gula sp dan tepung dikocok sekaligus dari awal, bisa saja, tp adonan kurang mengembang ya. Kuenya pun ga setinggi yg dikocok terpisah.
    6. Ambil sedikit adonan, masukkab ke campuran santan dan minyak, aduk balik sampai rata. Tuang ke dalam kocokan telur. Aduk balik perlahan sampai rata. Jangan sampai ada minyak yg mengendap, bisa bantat kalau warna kue kurang hijau bisa tambah pasta pandan sedikit. Tapi kalau mau alami ya ga usah ditambah, tapi kuenya jadi hijau pucat atau hijau kekuningan(kalau kuning telurnya agak jingga)
    7. Tuang ke loyang ukuran 18cm. Panggang sampai matang (sekitar 30 menit). Kalau tidak ada api atas,permukaan kue cenderung agak basah karena lemak santan yang naik ke atas. Untuk oven gas pakai api bawah, kalai kue udah matang, pindah ruang pengapiana untuk mematangkan kulit. Kalau oven listrik bisa api bawah dulu 15 menit lalu lanjutkan api atas bawah sampai matang.
    8. Pernah bikin bolu pandan pakai cara water bath. Kapok, karena metodenya ribet, lama eh, kuenya cepat basi. Pagi dibuat, sorenya udah ga fresh. Mungkin kalau mau bikin ogura pandan mesti pakai santan instan ya. Saya kurang suka pakai yg instan, karena beli santan kan mudah, yang udah diperas pun ada. Beli 1 kg bisa masuk freezer kalau belum mau dipakai.
    9. Hasil kuenya mirip chiffon cake. Hehehe. Buat bareng chiffon pandan. Bahan mirip2. Hasil pun mirip2. Lembut banget.



    Demikianlah tadi Resep Bolu Pandan Lembut, Harapan kami berguna untuk anda.Untuk menemukan resep masakan lainnya gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. koleksi kami hampir satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat memuaskan anda.


    Untuk mencetak Resep Bolu Pandan Lembut diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Bolu Pandan Lembut diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Bolu Pandan Lembut dengan alamat Url: https://snowflakesmoon.blogspot.com/2017/12/resep-bolu-pandan-lembut.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.