Resep Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale - Putunee Hadisewoyo

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale - Putunee Hadisewoyo
  • Resep Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale oleh Putunee Hadisewoyo

    Berikut ini resep cara membuat Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale. Resep Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale yang dibuat oleh Putunee Hadisewoyo bisa menjadi 2 loafes ukuran.



    gambar untuk resep makanan Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale


    Resep Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale


    Porsi: 2 loafes ukuran

    Bahan-bahan

    1. 5 cups tepung (4 cups tepung)
    2. 2/3 cup gula (bila tidak terlalu suka manis, kurangi menjadi 1/2 cup gula)
    3. 1 sdt garam
    4. 1/3 cup susu bubuk (bisa diskip atau digantikan dengan caffee's cream hihi)
    5. 1 butir telur suhu ruangan
    6. 50 gr mentega leleh didinginkan
    7. 350 ml air hangat (untuk 5 cups tepung) 250 ml air hangat(untuk 4 cups)
    8. 1 sachet yeast (7 gram)
    9. 1 sdm gula
    10. 4-5 sdm tepung untuk penabur atau menambahkan pada adonan supaya tidak terlalu lengket
    11. 250 gr Keju Gouda atau cheddar atau lebih dipotong-potong atau diparut
    12. secukupnya Minyak sayur untuk pengoles
    13. secukupnya Mentega untuk pengoles (bila suka)

    Langkah

    1. Masukkan tepung, garam, gula dan susu (bila dipakai). Sisihkan.

    2. Pada wadah lain campurkan yeast, air hangat dan gula. Sisihkan hingga cairan naik dan berbuih. Bisa sampai 15 menit bila daerah tempat tinggal dingin. Air hangat sejumlah 300 ml atau 250 ml, bedanya bila saya pakai takaran 300 ml, adonan akan sangat lembek tapi tetap bisa diuleni (sebentar saja), pengaruhnya menurut saya, tingkat kelembapan roti setelah matang lebih sesuai selera saya. Bila memilih 250 ml, tingkat kesulitan menguleni adonan tidak terlalu messy.

    3. Campur adonan kering dengan adonan cair. Aduk dengan spatula. Lalu tambahkan telur. Aduk rata.

    4. Tambahkan mentega dan mulai campur dengan tangan. Pastikan adonan tercampur dan tidak terlalu lengket di tangan. Bila perlu, tambahkan terigu sesendok demi sesendok. Jangan lebih dari 5 sdm. Akan terlalu keras hasilnya nanti. Lumuri bagian luar roti dengan minyak. Tutupi kain dan sisihkan hingga naik 2x. Biasanya saya tunggu sekitar 50 menit hingga 1 jam. Ingat - adonan akan lembut dan glutony di hasil akhir, tapi tidak terlalu lentuk lengket karena masih bisa di bentuk.

    5. Setelah naik 2x lipat, bagi dua adonan. Bagian pertama pipihkan sesuai ukuran panjang loyang roti. Tata keju yang sudah diiris atau diparut disemua permukaan adonan. Gulung dan masukkan pada loyang. Olesi dengan minyak dan tutup serbet hingga 1 jam.

    6. Lakukan hal serupa pada sisa adonan.

    7. Nyalakan oven dengan panas 200 derajat hingga adonan masuk oven. Lalu turunkan suhu menjadi 150 derajat. Oven selama 20 menit. Setelah 20 menit, turunkan suhu menjadi 120 derajat, dan oven selama 5-10 menit. Kami penyuka roti tawar yang coklat tua pada permukaaan kulitnya. Jadi selalu sampai 10 menit tambahannya. Bila suka crusty bread, tutup roti dengan aluminium voil pada waktu pemanggangan yang pertama, tapi dengan suhu 185 derajat. selanjutnya sama seperti pada resep. Happy baking.

    8. Filling bisa diubah sesuai selera. Bisa seperti Laura Vitale, bisa juga dengan selai dan keju. Bisa juga dengan coklat.

    9. Catatan - roti ini butuh proofing yeast, proofing adonan dan baking dengan 2x suhu yang berbeda, supaya bisa berkembang dengan baik. Begitu matang, segera keluarkan dari loyang supaya pemanggangan tidak terus berlangsung. Selalu simpan roti dengan kain serbet supaya tetap bagus. Roti bisa tetap enak dinikmati hingga hari ketiga.




    Itulah tadi Resep Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale, Semoga saja bermanfaat untuk anda.Untuk mencari resep yang yang lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang kami sediakan. Kami memiliki sekitar satu juta resep masakan yang pastinya dapat membantu untuk menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale - Putunee Hadisewoyo diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Roti Tawar Keju adaptasi Pumpkin Swirl Bread #LauraVitale - Putunee Hadisewoyo dengan alamat Url: https://snowflakesmoon.blogspot.com/2017/12/resep-roti-tawar-keju-adaptasi-pumpkin.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.