Resep Pempek Lenjer Karya Rizka Yuliana

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Pempek Lenjer Karya Rizka Yuliana
  • Resep Pempek Lenjer oleh Rizka Yuliana

    Berikut ini adalah cara memasak Pempek Lenjer. Resep Pempek Lenjer yang dibuat oleh Rizka Yuliana bisa disajikan 5 porsi.



    resep makanan Pempek Lenjer


    Resep Pempek Lenjer


    Porsi: 5 porsi

    Bahan-bahan

    1. 250 gram ikan tenggiri cincang (saya cincang sendiri pakai pisau aja)
    2. 300 gram tepung sagu
    3. 5 sdm tepung terigu protein rendah
    4. 1 butir telur
    5. 200 ml air dingin/air es
    6. secukupnya Minyak goreng
    7. 700 ml air untuk kuah cuko
    8. 400 gram gula merah
    9. 1 bongkah bawang putih (kurleb 10 siung), haluskan
    10. 1 sdm asam jawa (saya pakai cuka masak)
    11. secukupnya cabe rawit yg sudah digiling kasar
    12. secukupnya garam, gula, dan penyedap rasa

    Langkah

    1. Ikan tengiri cincang (yang diberi cuka atau jeruk nipis sebelumnya biar tidak amis), 1 sdm bawang putih, telur, garam, gula, dan tepung terigu dicampur hingga merata.

    2. Masukkan air dingin sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga terbentuk masa yg agak lembek, namu tidak cair atau kental.

    3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit, aduk merata. Jangan mengaduk terlalu kuat. Aduk dengan ujung jari saja atau dengan sendok. Jika pengadukan terlalu kuat dan lama akan menyebabkan pempek menjadi keras. Aduk hingga terbentuk masa yg dapat dibentuk. Jika terlalu keras bisa ditambahkan air dingin sedikit.

    4. Bentuk adonan memanjang seperti tabung atau bulat-bulat tergantung selera anda. Saat membentuk adonan, pastikan lumuri tangan dan talenan dengan tepung agar adonan tidak lengket.

    5. Rebus adonan yg telah dibentuk ke dalam air mendidih yg diberi 3 sdm minyak agar pempek tidak menempel satu sama lain. Tunggu hingga matang ditandai dengan pempek yg mengapung. Biarkan dulu sekitar 10 menit sebelum diangkat untuk memastikan bahwa bagian dalam pempek sudah matang.

    6. Untuk kuah cuko. Larutkan gula jawa pada air sambil dipanaskan. Setelah mendidih, masukkan sisa bawang putih halus, cabe rawit yg telah dihaluskan, dan asam jawa/cuka. Aduk2 sekitar 5 menit. Tes rasa. Jika kurang bisa ditambahkan garam, gula atau penyedap rasa.

    7. Setelah kuah cuko mendidih, saring cuko hingga tidak ada ampas. Cuko lebih enak jika didiamkan terlebih dahulu bersama ampasnya semalaman supaya lebih menyerap.

    8. Goreng pempek yg sudah matang tadi dengan minyak yg dipastikan sudah panas hingga berwarna kecoklatan. Potong2 sesuai selera. Sajikan dengan kuah cuko, timun acar, dan mie kuning.

    9. Jika hasil terlalu banyak, anda bisa menyimpannya untuk dijadikan frozen food dan dinikmati dikemudian hari. Simpan pempek di freezer dan cuko dikulkas.




    Demikianlah Resep Pempek Lenjer, Harapan kami berguna untuk pembaca sekalian.Untuk menemukan berbagai resep makanan dan minuman lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. koleksi kami lebih dari satu juta resep yang pastinya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Pempek Lenjer diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Pempek Lenjer Karya Rizka Yuliana diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Pempek Lenjer Karya Rizka Yuliana dengan alamat Url: https://snowflakesmoon.blogspot.com/2019/04/resep-pempek-lenjer-karya-rizka-yuliana.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.